Thank you for visiting this blog and taking an interest in learning more about the fundamentals, mechanics and key elements of baseball with an emphasis on children. The intent of these writings is to provide the interested reader articles, stories and videos related to the developing, young ball player, how to improve their game and make their experience, and yours, memorable and fun for many years.

I welcome your feedback on my posts and hope that I bring a positive influence to your learning experience. I can be contacted at
david@gazellebaseball.com.

Sunday, July 6, 2014

Previw Babak Semi Final Brazil vs Jerman 9 Juli 2014

Previw Babak Semi Final Brazil vs Jerman 9 Juli 2014, Piala Dunia 2014 akhirnya menyajikan partai seru ketika dua mantan juara dunia Brasil dan Jerman bertemu di partai semifinal yang bakal dipentaskan di Estádio Mineirão, Belo Horizonte, Rabu (9/7) dini hari WIB. Dibilang duel seru karena kedua negara sama-sama tak terkalahkan dalam 14 pertandingan terakhir mereka. Lalu, siapa bakal menang dan siapa yang kalah? Berikut prediksi hasil pertandingan Brasil vs Jerman dari Momot.

Bek sekaligus kapten Brasil Thiago Silva bakal absen di pertandingan semifinal melawan Jerman karena hukuman akumulasi kartu kuning.


Prediksi Brazil vs Jerman

Prediksi Brazil vs Jerman - Jerman menjadi negara pertama yang memastikan diri melaju ke semifinal Piala Dunia 2014. Der Panzer mengalahkan sesama tim Eropa Prancis di babak perempatfinal berkat gol tunggal bek Matt Hummels di menit ke-13. Sedangkan Brasil menjadi peserta semifinal kedua setelah menang tipis 2-1 atas sesama tim asal Amerika Selatan, Kolombia.

Pertemuan Brasil melawan Jerman di semifinal Piala Dunia 2014 sontak mengingatkan pecinta bola pada partai final Piala Dunia 2002. Itulah pertemuan terakhir kedua negara di ajang Piala Dunia. Ketika itu ketangguhan kiper Oliver Khan sukses ditaklukkan oleh Ronaldo Luiz Nazario da Lima. Ronaldo asli ini mencetak dua gol di menit ke-67 dan 79 untuk membawa tim Samba memenangi trofi Piala Dunia kelima.

Brazil vs Jerman - Setelah itu, kedua negara kembali bertemu di semifinal Piala Konfederasi 2005 yang digelar di Jerman. Tak seperti pertemuan di final Piala Dunia 2002, kali itu Jerman memberi perlawanan. Aksi saling balas gol terjadi sepanjang pertandingan, namun Brasil mencetak satu gol lebih banyak dan mengakhiri laga tersebut dengan skor 3-2.

Jerman baru bisa membalas kekalahan enam tahun berselang. Bertajuk pertandingan persahabatan, tiga gol Jerman yang dicetak oleh Bastian Schweinsteiger (61′, penalti), Mario Gotze (67′) dan Andre Schurrle (80′) hanya bisa dibalas oleh Robinho (71′, penalti) dan Neymar Jr. (90′). Brasil pun kalah dari Jerman untuk pertama kalinya dalam 18 tahun sejarah pertemuan kedua negara.

Kondisi Terkini Kedua Tim :

Jelang semifinal Piala Dunia 2014, Brasil bakal kehilangan kapten tim Thiago Silva yang harus absen karena akumulasi kartu kuning. Usai membuka skor dalam kemenangan melawan Kolombia, bek flamboyan ini mendapat kartu kuning sehingga membuatnya mengoleksi dua kartu kuning.

Absennya Thiago Silva jelas jadi keuntungan besar bagi Jerman. Pelatih Joachim Loew bisa melihat kembali video rekaman pertandingan Brasil vs Cili, di mana barisan penyerang Cili sukses merepotkan pemain-pemain belakang tuan rumah. Dalam pertandingan tersebut, Cili sukses memaksa Brasil bermain imbang 1-1 sehingga penentuan juara harus dilakukan lewat adu tendangan penalti.

Catatan lain bagi Loew, Brasil tak lagi bisa mengandalkan magi Neymar sebagai penggedor jala gawang lawan. Pemain yang merumput di Liga Spanyol bersmaa FC Barcelona tersebut sudah absen mencetak gol sejak memasuki babak knock-out. Di pertandingan melawan Cili, gol Brasil dicetak oleh bek tengah David Luiz. Saat mengalahkan Kolombia, dua gol Brasil semuanya dicetak oleh bek: Thiago Silva dan David Luiz.

Kunci bagi Loew adalah mencegah terjadinya situasi bola mati di area pertahanan. Baik sepak pojok maupun tendangan bebas di sekitar kotak penalti jangan sampai terjadi, atau gawang Jerman harus menanggung akibatnya. Brasil sangat kuat dalam urusan mencetak gol dari bola mati.

Jerman sendiri menentukan tiket ke semifinal dengan gol tunggal yang diciptakan oleh seorang bek lewat skema bola mati. Namun Jerman boleh sombong karena di perempatfinal dua gol mereka dibuat oleh gelandang serang, Mesut Oezil dan Andre Schurrle. Artinya, Jerman sama-sama mematikan dalam soal menyerang terbuka maupun memanfaatkan bola mati.

Masalahnya, Brasil adalah tuan rumah. Saat menang melawan Kolombia, wasit menganulir gol Mario Yepes karena menganggap telah terjadi offside sebelum gol terjadi. Kolombia boleh protes karena keputusan offside baru diambil saat bola sudah bersarang di gawang. Padahal ada jeda panjang dari sejak bola dioper ke dalam kotak penalti, terjadi kemelut, sampai kemudian terjadi gol.

Kontroversi dan dugaan adanya konspirasi untuk memenangkan Brasil sudah mengemuka bahkan sejak pertandingan pertama. Adalah Kroasia yang pertama kali memprotes kemenangan Brasil. Bek Dejan Lovren bahkan terang-terangan mengatakan sebaiknya trofi langsung saja diberikan pada Brasil karena wasit terlihat sekali membela tuan rumah. Tak ada respon dari FIFA terkait kritik Lovren dan Kroasia, namun selalu ada keputusan yang bisa diperdebatkan dalam setiap kemenangan Brasil.

Akankah Jerman menjadi 'korban' Brasil selanjutnya? Ini yang menarik ditunggu. Pertandingan semifinal Piala Dunia 2014 antara Brasil vs Jerman rencananya bakal disiarkan secara langsung oleh tvOne dan antv pada Rabu (9/7) dini hari WIB.

Catatan 10 pertandingan terakhir Brasil :

Brasil tak terkalahkan dalam 14 pertandingan terakhir. Tim Samba merasakan kekalahan terakhir mereka pada 14 Agustus 2013. Ketika itu di St. Jakob Park, gol bunuh diri Dani Alves di menit ke-48 membuat tim asuhan Luiz Felipe Scolari kalah 0-1 dari tuan rumah Swiss. Pertandingan itu sendiri bertajuk laga uji coba.

Setelah itu, Brasil tak terkalahkan di 14 pertandingan terakhir mereka, termasuk 5 partai di Piala Dunia 2014. Sepanjang Juni, Brasil tak terkalahkan di 6 pertandingan yang mereka lakoni dengan hanya satu di antaranya yang berakhir imbang, yakni saat seri 0-0 melawan Meksiko di pertandingan ujicoba jelang gelaran Piala Dunia.

10 pertandingan terakhir Brasil :

  • 16 Nov 2013: Honduras 0-5 Brasil (ujicoba internasional)
  • 19 Nov 2013: Brasil 2-1 Cili (ujicoba internasional)
  • 05 Mar 2014: Afrika Selatan 0-5 Brasil (ujicoba internasional)
  • 03 Jun 2014: Brasil 4-0 Panama (ujicoba internasional)
  • 06 Jun 2014: Brasil 1-0 Serbia (ujicoba internasional)
  • 12 Jun 2014: Brasil 3-1 Kroasia (Piala Dunia 2014)
  • 17 Jun 2014: Brasil 0-0 Meksiko (Piala Dunia 2014)
  • 23 Jun 2014: Kamerun 1-4 Brasil (Piala Dunia 2014)
  • 28 Jun 2014: Brasil 1-1 Cili (Piala Dunia 2014, Brasil menang 3-2 dalam adu penalti)
  • 04 Jul 2014: Brasil 2-1 Kolombia (Piala Dunia 2014)


Catatan 10 pertandingan terakhir Jerman :

Tak kalah mentereng dari catatan Brasil, Jerman justru mempunyai rekor jauh lebih mengesankan. Der Panzer malah tak pernah kalah dalam 15 pertandingan terakhir yang mereka lakoni. Butuh mundur setahun ke belakang untuk mencari saat terakhir kali Jerman menderita kekalahan.

Jerman mengalami kekalahan terakhir kali pada 2 Juni 2013. Saat itu mereka dijamu Amerika Serikat di RFK Stadium dalam sebuah pertandingan ujicoba memperingati 100 tahun berdirinya US Soccer alias federasi sepak bola Amerika Serikat. Dalam pertandingan tersebut gawang Jerman kebobolan 4 kali dan hanya bisa membalas 3 kali. Namun, laga ini jauh dari kata kompetitif karena hanya bersifat pertandingan hiburan.

Kekalahan yang lebih 'serius' dirasakan Jerman pada 15 Agustus 2012, tepatnya ketika dikalahkan Argentina dengan skor 1-3 dalam sebuah laga ujicoba di Commerzbank Arena. Gol bunuh diri Sami Khedira, ditambah masing-masing satu gol dari Lionel Messi dan Angel Di Maria hanya bisa dibalas sekali oleh Benedikt Howedes.

10 pertandingan terakhir Jerman :

  • 19 Nov 2013: Inggris 0-1 Jerman (ujicoba internasional)
  • 05 Mar 2014: Jerman 1-0 Cili (ujicoba internasional)
  • 13 May 2014: Jerman 0-0 Polandia (ujicoba internasional)
  • 01 Jun 2014: Jerman 2-2 Kamerun (ujicoba internasional)
  • 06 Jun 2014: Jerman 6-1 Armenia (ujicoba internasional)
  • 16 Jun 2014: Jerman 4-0 Portugal (Piala Dunia 2014)
  • 21 Jun 2014: Jerman 2-2 Ghana (Piala Dunia 2014)
  • 26 Jun 2014: Amerika Serikat 0-1 Jerman (Piala Dunia 2014)
  • 30 Jun 2014: Jerman 2-1 Aljazair (Piala Dunia 2014)
  • 04 Jul 2014: Prancis 0-1 Jerman (Piala Dunia 2014)


Head to head Brasil vs Jerman:

Kedua negara yang total memenangkan delapan gelar Piala Dunia ini telah bertemu sebanyak 21 kali. Dari total 21 kali bertanding, Brasil masih unggul dengan memenangkan 12 pertandingan. Jerman sendiri hanya bisa mengalahkan Tim Samba sebanyak 4 kali dan sisa 5 pertandingan lainnya berakhir imbang. Di atas kertas, secara historis jelas Brasil terlihat dominan atas Jerman.

Jika diringkas menjadi 10 pertemuan terakhir, Brasil tetap saja unggul. Tim Samba mengalahkan Jerman sebanyak 5 kali, termasuk saat Jerman masih bernama Jerman Barat. Sedangkan Jerman mengalahkan Brasil 3 kali, sisa 2 pertandingan berakhir imbang.

Namun Brasil harus hati-hati karena pertemuan terakhir keduanya pada 10 Agustus 2011 berakhir kemenangan 3-2 untuk Jerman. Inilah kemenangan pertama Jerman atas Brasil dalam 18 tahun terakhir. Catatan lain bagi Luis Felipe Scolari, dua gol Brasil ketika itu dicetak melalui penalti oleh Robinho, lalu satu gol lagi dari Neymar Jr. dibuat saat pertandingan hampir berakhir.

Berikut catatan 10 pertemuan terakhir Brasil vs Jerman :

  • 12 Mar 1986: Jerman Barat 2-0 Brasil (ujicoba internasional)
  • 12 Dec 1987: Brasil 1-1 Jerman Barat (ujicoba internasional)
  • 16 Dec 1992: Brasil 3-1 Jerman (ujicoba internasional)
  • 17 Nov 1993: Jerman 2-1 Brasil (ujicoba internasional)
  • 25 Mar 1998: Jerman 1-2 Brasil (ujicoba internasional)
  • 24 Jul 1999: Brasil 4-0 Jerman (Piala Konfederasi 1999)
  • 30 Jun 2002: Brasil 2-0 Jerman (Piala Dunia 2002, final)
  • 07 Sep 2004: Jerman 1-1 Brasil (ujicoba internasional)
  • 25 Jun 2005: Jerman 2-3 Brasil (Piala Konfederasi 2005)
  • 10 Aug 2011: Jerman 3-2 Brasil (ujicoba internasional)

No comments:

Post a Comment